Even

Informasi Umum

Perayaan Besar Budaya untuk Batik akan diadakan kembali di Yogyakarta. Melanjutkan suksesnya penyelenggaraan pertama, maka sebagai tanggung jawab moral Yogyakarta dengan predikat Kota Batik Dunia diadakanlah kembali Jogjakarta International Batik Bienalle 2018 yang memang direncanaka untuk terselenggara dua tahun sekali (bienalle). Keberlanjutan ini merupakan konsekuensi positif dari predikat internasional tersebut yang mana akan semakin memperkuat Batik sebagai Identitas Indonesia kepada dunia melalui Yogyakarta. Pada acara ini Yogyakarta menjadi sentra batik nusantara di mana juga diharapkan akan ada beberapa eksibisi Batik dari internasional. 

Sebelum acara JIBB 2018 berlangsung, sebelumnya akan diadakan beberapa acara mengenai Batik. Acara – acara tersebut menjadi suatu landasan awal yang penting terutama untuk tingkat nasional guna meningkatkan awareness mengenai acara JIBB 2018 dimana dtersebut terselenggaranya acara-acara tersebut merupakan benang merah kepada acara-acara yang akan diadakan pada JIBB 2018.

​

​

Supporting Event

Gebyar Batik

​

Acara JIBB 2018 terbagi menjadi dua bagian yaitu Diskusi Batik dan Pameran. Diskusi Batik yang akan dilaksanakan berbentuk Simposium yang bertujuan untuk membagi pengetahuan baru dan memperluas wawasan baik untuk masyarakat nasional maupun internasional melalui para ahli tingkat domestic maupun luar negeri. Exposure Batik rencananya akan diselenggarakan di beberapa tempat iconic di Jogjakarta dengan berbagai macam tema acara. Selain dengan kegiatan symposium dan pameran, JIBB 2018 juga mengadakan tour yang bertajuk heritage tour. Tour ini merupakan tur dalam menyelami Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia. Situs-situs menarik dan bersejarah akan disajikan dalam tur tersebut. 

​

Acara JIBB 2018 

Batik Discussion

Di dalam symposium internasional ini, paparan yang disampaikan oleh para tokoh dan ahli bertujuan untuk menggali potensi-potensi dan isu-isu internasional berkenaan dengan Batik. Diharapkan para pembicara dan audiens baik Nasional maupun Internasional, dapat memberikan pendapat-pendapat dan informasi sehingga dapat memperluas wawasan mengenai Batik dan dapat didiseminasikan untuk dunia internasional

​

1. Batik International Symposium

2. Batik National Symposium

Di dalam symposium nasional ini, paparan yang disampaikan oleh para tokoh dan ahli bertujuan untuk menggali potensi-potensi dan isu-isu nasional berkenaan dengan batik. Diharapkan dengan adanya symposium ini, dapat memacu pemikiran-pemikiran inovatif mengenai pengembangan batik secara nasional sehingga para stakeholder, pengusaha dan pelaku batik dapat mengembangkan batik dan usahanya berdasarkan wawasan penting yang disampaikan pada symposium tersebut.

Batik Exposure

1. Batik Bazaar

Kegiatan yang dilakukan dalam mempromosikan sekaligus sentra jual beli Batik Klasik/Tradisional pada saat acara berlangsung

​

​

2. Batik in Life Cycle

Pameran yang bertujuan untuk mengenalkan filosofi batik yang terkait dengan aspek-aspek kehidupan. Selain adanya pameran, direncanakan bahwa akan dilaksanakan lokakarya mengenai Daur Hidup Batik.

​

3. Development & Education of Batik

Pameran yang bertujuan untuk mengakomodasi batik dengan teknik baru sebagai identitas wilayah administrasi

​

4. Indonesian Batik Exhibition

Pameran yang bertujuan untuk mempromosikan batik-batik binaan dari Dekranas dan Disperindag seluruh Indonesia yang sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mengikuti perkembangan zaman.

​

​

5. Kampuh & Derivatives of Batik Exhibition

Pameran yang bertujuan untuk memamerkan pemakaian Batik dalam medium selain tekstil dalam seni kontemporer.

​

6. Batik in Interior

Pameran yang bertujuan untuk memamerkan penggunaan Batik dalam benda-benda interior yang sudah diproses dalam bingkai teknologi namun tetap tidak lepas dari kaidah teknik-teknik membatik.

7. Royal Batik Exhibition

Pameran yang bertujuan untuk menginformasikan penggunaan Batik dalam Aspek-aspek kehidupan di Kesultanan.

Batik Exposure

Perjalanan wisata budaya untuk mengenal World Batik City secara lebih nyaman dan menarik. Tempat-tempat yang akan dikunjungi nanti adalah tempat-tempat yang mempunyai sejarah keterkaitan Yogyakarta sebagai World Batik City dengan pengembangannya ke berbagai daerah di sekitar Yogyakarta. 

Venue

Schedule

Registration

The initiative implementation of Jogja International Batik Biennale (JIBB) in 2018 is based on a sense of responsibility from the "batik actors" in Yogyakarta together with its stakeholders to continue to be conscious of the "rescue, preservation, development, and empowerment" of batik.

Sekretariat 

Jogjakarta International Batik Bienalle 2018 (JIBB 2018)

Dewan Kerajinan Nasional 

Daerah Istimewa Yogyakarta

Jl. Malioboro, Komplek Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta 55213

Email info.jibb2018@gmail.com

Telp/Fax +62 274 548322

​

Twitter @batikbiennale
Facebook

© 2018 JIBB 2018 All Rights Reserved.